Apa Itu Negative SEO Dan Cara Mengatasinya

Negative SEO secara kasarnya adalah perbuatan yang sengaja dilakukan untuk menjatuhkan posisi kompetitor di SERP. Saya pikir mah ini ngga etis banget. Meski demikian, banyak yang lakuin hal ini. Mungkin karena depresi ga bisa-bisa nyalip kompetitor, bisa juga karena iseng doangan. Ada juga yang cuma ngetes sesuatu hal. terus kebetulan web kita…
Read More...

Alternatif Mencari Keyword Dengan Google Analytics & Optimasi

Biasanya, sy ada semacam to do list bulanan untuk blog-blog yang udah berjalan. Tujuannya buat maintenance dan juga optimasi website aja, kasarnya mah semacam simple site audit doangan. Salah satunya tentang keyword untuk update konten lama ataupun bikin konten baru. Tools favorit sy untuk hal ini google analytics dan search console (webmaster…
Read More...

Cara Alternatif Menambah Backlink

Sehabis baca artikel ttg linkable asset di blog ahrefs, jadi inget lagi trik jadul buat dapetin tambahan backlink. Biasanya, trik ini ‘temenan’ sama teknik jadul juga; broken link building. Dan sama juga; manual, capek, suka bikin kesel, dan ga selalu berhasil. Tapi gratis wkwkk.. Sy lupa baca dimana, dan istilahnya apa teknik ini teh.. Tapi…
Read More...

Cara Mencari Expired Domain Untuk Web Wallpaper

Suka ada yg tanya cara mencari expired domain, daripada ketik2 ulang sy bikin lagi notesnya.. notes yg dulu udah ngga update sourcenya. Cara mencari expired domain, tiap orang biasanya punya parameter beda. Jadi yg sy tulis disini juga cuma sekedar cara sy doangan, bisa banget salah dan hasilnya belum tentu sama karena jujur aja ada faktor…
Read More...

FAQ Seputar PBN, Expired Domain, dan Aged Domain

Kumpulan pertanyaan hasil diskusi dengan rekan blogger lain. Sekedar tambahan referensi aja ya, catatan: subjektif isinya, beda pengalaman bisa beda hasilnya juga. Di rangkum dari pertanyaan rekan lain, dan juga pertanyaan sy ke rekan blogger lain.. Bagus mana expired domain vs aged domain kalau dibikin PBN? Kalau sy pribadi mah…
Read More...